Skip to main content

[Resume] Pengembangan Silabus



A.   
Pengembang Silabus:
1)      Guru kelas/mata pelajaran
2)      Kelompok guru kelas/mata pelajaran
3)      Kelompok kerja guru (PKG/MGMP)
4)      Dinas Pendidikan

B.     Tahap-tahap Pengembangan Silabus
1)      Perencanaan
Mengumpulkan informasi untuk penyusunan silabus
2)      Pelaksanaan
Memahami semua perangkat yang berhubungan dengan penyusunan silabus
3)      Perbaikan
Dikaji ulang oleh ahli pendidikan apakah ada yang perlu ditambah atau dihapuskan
4)      Pemantapan
Memfiksasi silabus yang akan digunakan dalam proses pembelajaran
5)      Penilaian silabus
Dilakukan secara berkala dengan menggunakan model-model penilaian kurikulum

C.    Prinsip Pengembangan Silabus
Berikut adalah prinsip dalam pengembangan silabus menurut BNSP 2006:
1)      Ilmiah
Keseluruhan materi dapat dipertanggung jawabkan secara keilmuan.
2)      Relevan
Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
3)      Sistematis
Saling berhubungan secara fungsional.
4)      Konsisten
Kompetensi dasar, indikator, mayeri, kegiatan pembelajaran, sumber, sistem penilaian harus konsisten.

5)      Memadai
Cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
6)      Aktual dan Kontekstual
Memperhatikan sesuai dengan perkembangan zaman.
7)      Fleksibel
Dapat mengakomodasi keberagaman dalam masyarakat.
8)      Menyeluruh
Mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotor

D.    Langkah-langkah Pengembangan Silabus
1)      Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
2)      Mengidentifikasi materi pokok dan pembelajaran
3)      Mengembangkan kegiatan pembelajaran
4)      Merumuskan indikator pencapaian kompetensi
5)      Penentuan jenis penilaian
6)      Menentukan alokasi waktu
7)      Menentukan sumber belajar

E.     Mekanisme Penyusunan Silabus
Dimulai dari tium penyusun KTSP pada SD, SMP, SMA dan SMK terdiri dari guru, konselor dan kepala sekolah sebagai ketua merangkap anggota

F.     Kegiatan Tim Penyusunan Silabus
Penyusunan silabus dalam bentuk KTSP merupakan bagian dari kehiatan perencanaan sekolah/madrasah.
Keghiatan ini dapat berbentuk rapat kerja dan atau lokakarya sekolah/madrasah dan atau kelompok sekolah/madrasah yang diselenggarakan dalam jangka waktu sebelum tahun pelajaran baru.

G.    Pemberlakuan Silabus
Hak otonom penyusunan silabus (Sagala:2007) ada pada pendidik dan sekolah, oleh karena itu sekolahyang mempunyai hak untuk memgesahkan silabus.

H.    Format Silabus
Nama Sekolah:
Mata Pelajaran:
Kelas/Semester:
Standar Kompetensi:
Alokasi waktu:
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar















(Sumber: presentasi kelompok 8)

Comments

Popular posts from this blog

[Resume] Konsep Dasar Kurikulum, Silabus dan RPP

Konsep Dasar Kurikulum, Silabus dan RPP 1.       KURIKULUM Menurut Romine (1954) (dalam Hamalik, 2008), kurikulum adalah: “curriculum is interpreted to mean all of the organized courses, activities, and expreciences which pupils have under direction of the school, whether in the classroom or not”. (Kurikulum ditafsirkan berarti semua, aktivitas, dan pengalaman terorganisir yang dimiliki siswa di bawah arahan sekolah, baik di dalam kelas atau tidak). Menurut Romine (1954) (dalam Hamalik, 2008) rumusan kurikulum terdiri dari beberapa macam: 1.       Kurikulum Sebagai Suatu Program Kegiatan yang Terencana Menurut Saylor, Alexander, dan Lewis (1986) dalam Hamalik (2008) kurikulum berupaya menggabungkan ruang lingkup, rangkaian, interprestasi, keseimbangan subject matter, teknik mengajar, dan hal yang lain dapat direncanakan sebelumnya. Pada hakikatnya, kurikulum sebagai suatu program kegiatan terencana memiliki rentang yang...

[Resume] Standar Penilaian dan Telaah Kurikuum 2013

Standar Penilaian dan Telaah Kurikulum 2013 1.       STANDAR PENILAIAN Dilansir dari KBBI Daring Edisi V Tahun 2016, standar yaitu ukuran tertentu yang dipakai sebagai patokan, sedangan penilaian adalah proses, cara, perbuatan menilai; pemberian nilai. Maka Standar Penilaian adalah s ebuah patokan atau ukuran tertentu yang digunakan untuk menilai , dalam hal ini pada pendidikan. Seperti yang tercantum dalam Permendikbud Tahun 2016 Nomor 23 Pasal 1 menyebutkan, Standar Penilaian memiliki beberapa kriteria, yaitu lingkup, tujuan, manfaat, prinsip, mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik yang digunakan sebagai dasar dalam penilaian hasil belajar peserta didik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Mekanisme penilaian sendiri dilakukan oleh tiga pihak yang saling berkaitan, yaitu pendidik (guru), satuan pendidikan (sekolah) dan pemerintah.   Oleh pendidik (pasal 9) yaitu penyusunan RPP, penilaian aspek sikap,...

[Resume] Telaah Kurikulum Bahasa Korea

A.      Pengertian Menurut McDonald & Leeper (dalam Yurni dan Erwin, 2016), kegiatan kurikulum adalah memproduksi rencana kegiatan, sedangkan pembelajaran adalah kegiatan melaksanakan rencana tersebut. Menurut Gagne dan Briggs (dalam Yurni dan Erwin, 2016), pembelajaran adalah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang untuk mempengaruhi proses belajar dalam diri siswa. Dari pengertian diatas, saya menyimpulkan bahwa pembelajaran adalah proses untuk mendapatkan pengetahuan dengan menyimpan informasi yang disampaikan. B.      Prinsip Belajar 1)       Berpusat pada siswa 2)       Belajar dengan melakukan 3)       Mengembangkan kemampuan sosial 4)       Mengembangkan keingintahuan 5)       Imajinasi dan fitrah anak 6)   ...