Skip to main content

[Resume] Pemahaman Konseptual tentang RPP


Menurut Permendikbud No.65 Tahun 2013, RPP yaitu rencana pembelajaran satu tahun atau lebih. Jadi, menurut saya RPP berisi rencana pembelajaran tiap mata pelajaran dalam satu semester atau lebih yang terdiri dari indikator-indikator penyusunan RPP.
Kerangka acuan pengembangan RPP yaitu:
1.      RPP dijabarkan dari Silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.
2.      Setiap guru wajib menyusun RPP secara lengkap dan sistematis
3.      RPP disusun untuk setiap Kompetensi Dasar yang dilaksanakan dalam 1x pertemuan atau lebih
4.      Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan.
5.      Dari penjabaran diatas dapat dilihat bahwa pengembangan RPP harus memperhatikan acuan-acuan yang ada,  tidak bisa seenaknya sendiri.

·         Proses pembelajaran terjadi karena ada stimulus. Stimulus terdiri dari stimulus dalam, yaitu berasal dari peserta didik itu sendiri yang merasa ingin tahu dan stimulus luar, yaitu dari teman, lingkungan, guru atau dosen.
·         Jadi, dapat disimpulkan bahwa proses belajar dapat berjalan jika ada kerjasama antara peserta didik dan lingkungannya.

Dua hal yang wajib diperhatikan oleh guru:
1.      Guru wajib mempertimbangkan karakteristik materi
Agar peserta didik terlibat secara aktif dalam mengembangkan potensi dirinya menjadi kompetensi. Jika materi tidak sesuai dengan kemampuan peserta didik, akan terajadi kesulitan dalam proses pembelajaran.
2.      Guru menyediakan pengalaman belajar bagi peserta didik
Agar peserta didik melakukan kegiatan yang dapat mengembangkan potensi dirinya.
Jika peserta didik tidak mempunyai pengalaman dalam proses pembelajaran, maka peserta didik tidak mempunyai tolak ukur kemampuan yang ada di dalam dirinya.

Prinsip-prinsip pengembangan RPP:
·         RPP merupakan terjemahan dari ide kurikulum yang berdasarkan Silabus yang telah dikembangkan pada tingkat nasional
·         RPP dikembangkan dengan kondisi pada satuan pendidikan
·         RPP mendorong partisipasi aktif dari peserta didik
·         RPP sesuai dengan kurikulum 2013: menghasilkan peserta didik yang mandiri dan tidak berhenti belajar
·         RPP mengembangkan budaya membaca dan menulis
·         RPP memuat rancangan program pemberian feedback positif, penguatan, pengayaan, remedial dan feedback
·         Disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian dan sumber.
·         Disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi.

Komponen dan Sistematika RPP:
·         Secara garis besar:
                                i.            Tujuan Pembelajaran
                              ii.            Materi
                            iii.            Metode
                            iv.            Sumber Belajar
                              v.            Penilaian

·         Secara rinci
Sekolah                       :
Mata Pelajaran :          
Kelas/Semester            :
Materi pokok               :
Alokasi waktu             :
A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
     1. ................ (KD pada KI-1)
     2. ................ (KD pada KI-2)
     3. .................. (KD pada KI-3)
       Indikator  :...........................
     4. .................... (KD pada KI-4)
      Indikator   :.............................
C. Tujuan Pembelajaran
D. Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
E. Metode Pembelajaran (rincian dari kegiatan pembelajaran)
F. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
    1. Media
    2. Alat/Bahan
    3. Sumber Belajar
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     1. Pertemuan Kesatu:
         a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (....menit)
         b. Kegiatan Inti (....menit)
         c. Penutup (....menit)
2. Pertemuan Kedua:
         a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (....menit)
         b. Kegiatan Inti (....menit)
         c. Penutup (....menit)

H. Penilaian
     1. Jenis/teknik penilaian
     2. Bentuk instrumen dan instrumen
     3. Pedoman penskoran








Langkah-langkah Penyusunan RPP:
1)      Mengkaji silabus
Dengan 4 Kompetensi Dasar yang sesuai dengan aspek Kompetensi Inti, yaitu: sikap kepada Tuhan, sikap terhadap lingkungan, pengetahuan dan keterampilan.
2)      Mengidentifiaksi materi pembelajaran
Dengan mempertimbangakan:
·         Potensi peserta didik
·         Relevansi dengan karakteristik daerah
·         Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial dan spiritual
·         Manfaat bagi peserta didik
·         Struktur keilmuan
·         Aktualitas, kedalaman dan keluasan materi pembelajaran
·         Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan lingkungan
·         Alokasi waktu

3)      Menentukan tujuan
Mencakup Kompetensi Dasar atau diorganisasikan untuk tiap pertemuan
4)      Mengembangkan kegiatan pembelajaran
Dirancang untuk memberikan pengalaman belajar. Hal-hal yang harus diperhatikan:
·         Kegiatan pembelajaran disusun untuk memberikan bantuan kepada para pendidik agar dapat profesional
·         Kegiatan pembelajaran memuat rangkaian kegiatan manajerial agar peserta didik dapat berkegiatan sesuai silabus
·         Kegiatan pembelajaran diorganisasikan ke dalam: pembukaan, inti, dan penutupan

5)      Penjabaran jenis penilaian
Di dalam silabus sudah ditentikan jenis penilaiannya. Penilaian pencapaian Kompetensi Dasar dilakukan berdasarkan indikator.
Hal-hal yang harus dilakukan:
·         Penilaian unutk pencapaian kompetensi pada KI-3 dan KI-4
·         Penilaian menggunakan acuan kriteria
·         Sistem yang direncanakan adalah sistem penilaian yang berkelanjutan
·         Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut
·         Sistem penilaian harus disesuaikan dengan pengalaman belajar yang ditempuh dalam proses pembelajaran.
6)      Menentukan alokasi waktu
Didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per-minggu dengan mempertimbangkan jumlah Kompetensi Dasar, keluasan, kedalaman, tingkat kesulitan dan tingkat kepentingan KD.
7)      Menentukan sumber belajar
Yaitu rujukan, objek dan bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.


[Sumber: presentasi kelompok 9]

Comments

Popular posts from this blog

[Resume] Konsep Dasar Kurikulum, Silabus dan RPP

Konsep Dasar Kurikulum, Silabus dan RPP 1.       KURIKULUM Menurut Romine (1954) (dalam Hamalik, 2008), kurikulum adalah: “curriculum is interpreted to mean all of the organized courses, activities, and expreciences which pupils have under direction of the school, whether in the classroom or not”. (Kurikulum ditafsirkan berarti semua, aktivitas, dan pengalaman terorganisir yang dimiliki siswa di bawah arahan sekolah, baik di dalam kelas atau tidak). Menurut Romine (1954) (dalam Hamalik, 2008) rumusan kurikulum terdiri dari beberapa macam: 1.       Kurikulum Sebagai Suatu Program Kegiatan yang Terencana Menurut Saylor, Alexander, dan Lewis (1986) dalam Hamalik (2008) kurikulum berupaya menggabungkan ruang lingkup, rangkaian, interprestasi, keseimbangan subject matter, teknik mengajar, dan hal yang lain dapat direncanakan sebelumnya. Pada hakikatnya, kurikulum sebagai suatu program kegiatan terencana memiliki rentang yang...

[Resume] Standar Penilaian dan Telaah Kurikuum 2013

Standar Penilaian dan Telaah Kurikulum 2013 1.       STANDAR PENILAIAN Dilansir dari KBBI Daring Edisi V Tahun 2016, standar yaitu ukuran tertentu yang dipakai sebagai patokan, sedangan penilaian adalah proses, cara, perbuatan menilai; pemberian nilai. Maka Standar Penilaian adalah s ebuah patokan atau ukuran tertentu yang digunakan untuk menilai , dalam hal ini pada pendidikan. Seperti yang tercantum dalam Permendikbud Tahun 2016 Nomor 23 Pasal 1 menyebutkan, Standar Penilaian memiliki beberapa kriteria, yaitu lingkup, tujuan, manfaat, prinsip, mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik yang digunakan sebagai dasar dalam penilaian hasil belajar peserta didik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Mekanisme penilaian sendiri dilakukan oleh tiga pihak yang saling berkaitan, yaitu pendidik (guru), satuan pendidikan (sekolah) dan pemerintah.   Oleh pendidik (pasal 9) yaitu penyusunan RPP, penilaian aspek sikap,...

[Resume] Telaah Kurikulum Bahasa Korea

A.      Pengertian Menurut McDonald & Leeper (dalam Yurni dan Erwin, 2016), kegiatan kurikulum adalah memproduksi rencana kegiatan, sedangkan pembelajaran adalah kegiatan melaksanakan rencana tersebut. Menurut Gagne dan Briggs (dalam Yurni dan Erwin, 2016), pembelajaran adalah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang untuk mempengaruhi proses belajar dalam diri siswa. Dari pengertian diatas, saya menyimpulkan bahwa pembelajaran adalah proses untuk mendapatkan pengetahuan dengan menyimpan informasi yang disampaikan. B.      Prinsip Belajar 1)       Berpusat pada siswa 2)       Belajar dengan melakukan 3)       Mengembangkan kemampuan sosial 4)       Mengembangkan keingintahuan 5)       Imajinasi dan fitrah anak 6)   ...