Skip to main content

[Resume] Standar Kompetensi Lulusan

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

1.      STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
·         Pasal 2 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
·         Pasal 3 menegaskan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak
·         Pasal 35 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 disebutkan bahwa standar kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan.

Terdapat beberapa golongan sesuai jenjang pendidikan, yaitu:
1.      SD/MI/SDLB : Paket A
2.      SMP/MTs/SMPLB: Paket B
3.      SMA/MA/SMALB: Paket C.

Ketiga golongan tersebut harus memiliki dimensi sikap yang mencerminkan seorang peserta didik, yaitu:
1.      Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2.      Berkarakter, jujur dan peduli
3.      Bertanggung jawab
4.      Pembelajar sejati sepanjang hayat
5.      Sehat jasmani dan rohani

2.      DIMENSI PENGETAHUAN
SD/MI/SDLB/Paket A memiliki pengetahuan yang faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif yang sama dengan tingkat dasar berkenaan dengan:
·         Ilmu pengetahuan
·         Teknologi
·         Seni
·         Budaya
SMP/MTs/SMPLB/Paket B memiliki pengetahuan yang faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berkenaan dengan:
•     Ilmu pengetahuan
•     Teknologi
•     Seni
•     Budaya

SMA/MA/SMALB/Paket C memiliki pengetahuan yang faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif yang sama dengan tingkat dasar berkenaan dengan:
•     Ilmu pengetahuan
•     Teknologi
•     Seni
•     Budaya
·         Humaniora

2.1. PENJELASAN FAKTUAL
·         SD/MI/SDLB/Paket A, pengetahuan dasar
·         SMP/MTs/SMPLB/Paket B, pengetahuan teknis dan spesifik tingkat sederhana
·         SMA/MA/SMALB/Paket C, pengetahuan teknis, spesifik, detail dan kompleks

2.2. PENJELASAN KONSEPTUAL
·         SD/MI/SDLB/Paket A
Termonologi/istilah yang digunakan, klasifikasi, kategori, prinsip dan generalisasi.
·         SMP/MTs/SMPLB/Paket B
Termonologi/istilah yang digunakan, klasifikasi, kategori, prinsip, generalisasi dan teori.

·         SMA/MA/SMALB/Paket C
Termonologi/istilah yang digunakan, klasifikasi, kategori, prinsip, generalisasi, teori, model dan struktur

2.3. PENJELASAN PROSEDURAL
·         SD/MI/SDLB/Paket A
Pengetahuan tentang cara melakukan sesuatu atau kegiatan
·         SMP/MTs/SMPLB/Paket B
Pengetahuan tentang cara melakukan sesuatu atau kegiatan yang terkait dengan pengetahuan teknis, spesifik, algoritma, metode tingkat sederhana.
·         SMA/MA/SMALB/Paket C
Pengetahuan tentang cara melakukan sesuatu atau kegiatan yang terkait dengan pengetahuan teknis, spesifik, algoritma, metode dan kriteria untuk menentukan prosedur.

2.4. PENJELASAN METAKOGNITIF
·         SD/MI/SDLB/Paket A
Pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan menggunakannya  dalam mempelajari ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya
·         SMP/MTs/SMPLB/Paket B
Pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan menggunakannya dalam mempelajari pengetahuan teknis dan spesifik tingkat sederhana
·         SMA/MA/SMALB/Paket C
Pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan menggunakannya dalam mempelajari pengetahuan teknis, detail, spesifik, kompleks, kontekstual dan kondisional.


3.      DIMENSI KETERAMPILAN
Dimensi keterampilan yang harus dimiliki pada tiap jenjang pendidikan yaitu:
·         Kreatif,
·         Produktif,
·         Kritis,
·         Mandiri,
·         Kolaboratif, dan
·         Komunikatif



Comments

Popular posts from this blog

[Resume] Konsep Dasar Kurikulum, Silabus dan RPP

Konsep Dasar Kurikulum, Silabus dan RPP 1.       KURIKULUM Menurut Romine (1954) (dalam Hamalik, 2008), kurikulum adalah: “curriculum is interpreted to mean all of the organized courses, activities, and expreciences which pupils have under direction of the school, whether in the classroom or not”. (Kurikulum ditafsirkan berarti semua, aktivitas, dan pengalaman terorganisir yang dimiliki siswa di bawah arahan sekolah, baik di dalam kelas atau tidak). Menurut Romine (1954) (dalam Hamalik, 2008) rumusan kurikulum terdiri dari beberapa macam: 1.       Kurikulum Sebagai Suatu Program Kegiatan yang Terencana Menurut Saylor, Alexander, dan Lewis (1986) dalam Hamalik (2008) kurikulum berupaya menggabungkan ruang lingkup, rangkaian, interprestasi, keseimbangan subject matter, teknik mengajar, dan hal yang lain dapat direncanakan sebelumnya. Pada hakikatnya, kurikulum sebagai suatu program kegiatan terencana memiliki rentang yang...

[Resume] Standar Penilaian dan Telaah Kurikuum 2013

Standar Penilaian dan Telaah Kurikulum 2013 1.       STANDAR PENILAIAN Dilansir dari KBBI Daring Edisi V Tahun 2016, standar yaitu ukuran tertentu yang dipakai sebagai patokan, sedangan penilaian adalah proses, cara, perbuatan menilai; pemberian nilai. Maka Standar Penilaian adalah s ebuah patokan atau ukuran tertentu yang digunakan untuk menilai , dalam hal ini pada pendidikan. Seperti yang tercantum dalam Permendikbud Tahun 2016 Nomor 23 Pasal 1 menyebutkan, Standar Penilaian memiliki beberapa kriteria, yaitu lingkup, tujuan, manfaat, prinsip, mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik yang digunakan sebagai dasar dalam penilaian hasil belajar peserta didik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Mekanisme penilaian sendiri dilakukan oleh tiga pihak yang saling berkaitan, yaitu pendidik (guru), satuan pendidikan (sekolah) dan pemerintah.   Oleh pendidik (pasal 9) yaitu penyusunan RPP, penilaian aspek sikap,...

[Resume] Telaah Kurikulum Bahasa Korea

A.      Pengertian Menurut McDonald & Leeper (dalam Yurni dan Erwin, 2016), kegiatan kurikulum adalah memproduksi rencana kegiatan, sedangkan pembelajaran adalah kegiatan melaksanakan rencana tersebut. Menurut Gagne dan Briggs (dalam Yurni dan Erwin, 2016), pembelajaran adalah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang untuk mempengaruhi proses belajar dalam diri siswa. Dari pengertian diatas, saya menyimpulkan bahwa pembelajaran adalah proses untuk mendapatkan pengetahuan dengan menyimpan informasi yang disampaikan. B.      Prinsip Belajar 1)       Berpusat pada siswa 2)       Belajar dengan melakukan 3)       Mengembangkan kemampuan sosial 4)       Mengembangkan keingintahuan 5)       Imajinasi dan fitrah anak 6)   ...